When Sneakers and Meat Meet

When Sneakers and Meat Meet

Hold your breath, these sneakers are called bacon for a reason and it is not because it’s made from meat. Mungkin banyak orang di luar sana yang akan tercengan begitu mendengar nama Nike Air Max 90 Bacon. “Ini sepatu dari daging (bacon)?!” Jangan tertipu, karena sepatu ini punya cerita yang cukup unik di balik pemilihan nama bacon. Here goes the story.

Dave Otiz, seorang artist dari Manhattan, New York adalah jenius di balik kolaborasi yang bisa menggugah selera makan saat namanya disebut. Otiz mempunyai satu boutique dengan konsep untuk di daerah Bowery, Manhattan, New York bernama Dave Quality Meat. Di tahun 2003, Otiz sedang dalam misi sucinya mencari inspirasi untuk kolaborasinya bersama Nike. Kurang lebih sekitar 3-4 bulan Otiz mengutak-atik berbagai kemungkinan, dan sayangnya hasilnya nihil. Semua ide yang ia miliki saat itu dirasa kurang unik dan orisinil, terutama soal colorway. Di benaknya, Otiz membayangkan satu colorway yang unik, out of the box dan belum pernah dilihat orang sebelumnya.

Deadline semakin dekat, Nike menghubungi Otiz dan memberi tahu bahwa batas pengiriman desain tersisa kurang dari dua hari. Di suati malam, Otiz yang nyaris menyerah, putus asa, dan kelaparan, keluar untuk membeli bacon, cheese & egg di salah satu gerai makanan setempat. Dan saat itulah tiba-tiba ia mendapatkan ide untuk menggunakan colorway bacon pada desain sepatunya. 

Dibantu oleh temannya, Thomas Fenning, Dave Otiz lantas meracik idenya dengan dipandu oleh 4 kotak bacon yang ia beli sebelumnya. Singkat cerita, Nike Air Max 90 Bacon pun lahir. Otiz sendiri awalnya merasa pesimis tentang sepatunya, tapi pikirannya ditepis oleh fakta bahwa hampir semua orang menyukai bacon (makanan). The rest is history.

Nike Air Max 90 Bacon dirilis pertama kali pada tahun 2004 dan menjadi salah satu sepatu yang paling unik dan dicari oleh banyak orang. Tak hanya karena desainnya, tapi juga karena experience yang didesain sedemikian oleh Dave Otiz & Nike. Pada setiap box sepatu, Otiz & Nike meletakkan bacon bit yang membuat pembeli bisa mencium aroma bacon saat box sepatu dibuka. Aroma bacon dan sepatu dengan colorway bacon, membuat siapapun yang membuka kotaknya untuk pertama kali akan berteriak, “It’s a real bacon!”

Nike Air Max 90 Bacon ini pernah dirilis ulang beberapa tahun setelah perilisan perdananya. Dan kabarnya, di tahun 2021 ini Nike dan DQM (Dave Quality Meat) akan merilis ulang Nike Air Max 90 Bacon. Belum terlalu banyak detail yang bisa didapatkan soal sepatu ini, tapi beberapa gambar yang beredar menunjukkan sedikit perbedaan warna pada colorway seri 2021 ini. Di seri 2021, warna off white akan menggantikan warna medium brown pada kombinasi “Sail/Sheen/Straw/Medium Brown”.

 

source : https://sneakernews.com/2021/03/04/nike-air-max-90-bacon-release-date/